Definesirlari

Situs Harga Harga Terkini Material, Dekorasi dan Furniture
6 Langkah Mempersiapkan Rumah Siap Menghadapi Musim Hujan

6 Langkah Mempersiapkan Rumah Siap Menghadapi Musim Hujan

Hujan sudah mulai terjadi di beberapa bagian wilayah di Indonesia. Hal ini menandai bahwa adanya perubahan musim, pastinya kegiatan akan sedikit terkendala saat kondisi cuaca tidak menentu. Kondisi cuaca membuat kita harus memiliki persiapan yang ekstra dalam segala hal, untuk menyambut cuaca yang akan sering diguyur air hujan.

Memasuki musim penghujan ada sebagian orang yang menyukainya. Ada beberapa orang sebaliknya menganggap bahwa musim penghujan adalah hal yang akan mendatangkan kerepotan. Bagi sebagian orang ketika mulai memasuki bulan November sampai Desember, akan melakukan banyak persiapan untuk menyambut musim penghujan ini.

 

Rumah Aman Saat Musim Penghujan

Merasakan pergantian musim dari kemarau menjadi musim penghujan bukanlah hal yang mudah, selain melakukan antisipasi terhadap diri sendiri, kita juga harus melakukan antisipasi kepada bangunan rumah. Mengapa kita perlu melakukannya, karena rumah sudah lama tidak dirawat, dan tentunya keadaan cuaca hujan akan memberikan beberapa efek pada keberadaan rumah. Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan agar rumah semakin siap saat menghadapi cuaca di musim hujan.

1. Periksa Talang Air

Talang air rumah adalah media yang akan dilewati oleh air hujan. Memeriksa dan memperbaiki jika ada talang air yang rusak atau bocor adalah hal yang wajib dilakukan. Talang air yang bocor atau rusak akan dapat merembes ke dalam rumah, perlu talang air dengan ukuran tepat untuk membuatnya semakin tahan lama.

2. Periksa Posisi genting

Jika posisi genting rumah bergeser dan berantakan akan menyebabkan kebocoran pada saat musim hujan. Jangan abaikan kondisi genting yang ada, ataupun tambahkan bahan waterproofing pada atap rumah agar semakin aman dan tahan terhadap air. Harga waterproofing yang cukup terjangkau dapat membuat semua orang melakukan pelapisan sebagai antipasi air hujan akan merembes ke dalam rumah.

 3. Ventilasi harus baik

Ventilasi Rumah

Rumah dengan ventilasi yag buruk akan membuat segala material kayu, tembok, bahkan besi dalam rumah saat musim hujan mudah cepat rusak. Sistem ventilasi yang tidak baik akan membuat rumah semakin lembab bila curah hujan sedang tinggi. Lindungi juga rumah dengan lapisan waterproof, semua orang dapat melakukan pelapisan terhadap atap rumah dengan stok dan harga waterproofing membrane yang dapat dijangkau dengan mudah.

4. Periksa saluran air

Bila saluran air tersumbat dan ada endapan lumpur bahkan sampah akan membuat rumah anda menjadi mudah banjir. Bersihkan saluran air secara rutin sebelum masuk ke musim penghujan. Untuk hasil yang maksimal periksa saluran air setiap dua minggu sekali agar daya tampung dapat bekerja dengan maksimal.

5. Periksa jaringan listrik

Saat memasuki musim penghujan ini merupakan salah satu hal utama yang perlu diperiksa oleh kita, yaitu jaringan listrik yang ada di rumah. Kabel listrik akan mudah rapuh dan terkelupas oleh gesekan dari curah hujan yang tinggi. Hal ini bisa menimbulkan resiko korseleting bahkan kebakaran pada rumah, jadi periksalah selalu jaringan listrik yang ada di dlaam dan di luar rumah.

6. Pangkas tanaman

Tanaman yang rimbun dapat digunakan sebagai sarang nyamuk atau serangga lainnya untuk berkembang. Pohon rimbun yang besar ukurannya juga dapat berbahaya bila tidak dirawat, karena bisa-bisa dia akan roboh sewaktu-waktu bila musim hujan tiba. Periksa dan rapikan tanaman yang ada disekitar rumah agar semakin aman di tengah musim penghujan.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.