Definesirlari

Situs Harga Harga Terkini Material, Dekorasi dan Furniture
Berapa Saja Ukuran Kabel Skun? Ini Jawabannya!

Berapa Saja Ukuran Kabel Skun? Ini Jawabannya!

Kabel skun merupakan salah satu komponen kelistrikan yang cukup penting, terutama untuk menyambungkan komponen listrik lainnya dengan peralatan listrik. Banyak ukuran dari kabel ini yang biasa dipakai, masing-masing ukuran memiliki karakteristik dan fungsi sendiri. Berikut ini penjelasannya untuk Anda.

Ukuran Kabel Skun Dari Yang Kecil Hingga Besar

Beberapa ukuran kabel yang juga disebut connector cable ini paling banyak digunakan, mulai darik ukuran paling kecil hingga besar. Untungnya saat memilih sudah ada kodenya masing-masing dengan spesifikasi yang jelas, jadi memudahkan siapa saja yang akan menggunakannya.

  • Ukuran Kecil

Berkisar antara ukuran 4 milimeter hingga 70 milimeter, urutannya adalah 4, 8,10,25,35,50, dan 70. Pada kepala kabel terdapat bagian tembaga dengan lubang bulat pada bagian tengah, yang akan menjadi tempat mengaitkan kabel.

Biasanya pada perbatasan antara kepala skun kabel dengan badannya, yang dibalut lapisan pelindung PVC terdapat spesifikasi ukuran. Misalnya SC 25-8 untuk angka depan merupakan ukuran maksimal kabel yang bisa dikaitkan pada skun, sedangkan angka di belakang menjadi acuan untuk ukuran baut pengait yang bisa dipakai.

  • Ukuran Menengah

Ukuran ini berkisar antara 95 milimeter hingga 240 milimeter sama halnya dengan ukuran kecil, pada bagian kepalanya terbuat dari bahan tembaga. Untuk kualitas terbaik biasanya tembaga yang dipakai jenis Alum Doff, yang lebih tahan lama dan kuat sebagai pengait kabel berukuran menengah.

Ukuran baut yang bisa digunakan untuk kabel ini juga bervariasi, tinggal lihat kode yang ada pada bagian pangkal kepala kabel tersebut. Tapi memang untuk ketahanan tergantung jenis plat yang digunakan, ada yang hanya dilapisi tembaga, adapula yang menggunakan aluminium, dan gabungan tembaga dan aluminium untuk fungsi yang lebih maksimal.

  • Ukuran Besar

Sedangkan ukuran skun kabel besar adalah di atas 240 milimeter dengan spesifikasi lebih banyak, mulai dari diameter di dalam lubang kabel yang bisa dilihat dari kode kemudian diameter lubang untuk memasukkan baut. Biasanya ring kabel ukuran besar ini memiliki harga yang lebih mahal ketimbang ukuran lain, karena kabel pembuatannya juga biasanya berdiameter lebih besar.

Kekuatan kabel ukuran besar ini bisa dilihat saat pemasangan, jika tidak mudah pecah saat ditekan pada proses penyambungan kabel menandakan kualitas bahannya maksimal. Sehingga saat mengalirkan daya listrik, akan lebih mumpuni tanpa masalah berarti. Tapi jika mudah pecah, maka sudah saatnya Anda mencari pilihan kabel skun jenis lain atau merek lain.

Samakah Kegunaan Kabel Skun Tiap Ukuran?

Kalau dilihat dari kegunaan dari kabel skun, dengan berbagai ukuran di atas ternyata bervariasi. Untuk ukuran kecil biasanya digunakan untuk sambungan pada breaker MCCB atau change over switch, sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sedangkan untuk ukuran menengah memiliki kegunaan tak jauh beda dengan ukuran kecil, namun bisa juga digunakan untuk terminal lock dan sejenisnya.

Sedangkan untuk ukuran besar bisa digunakan untuk penangkal petir, atau penyambungan kabel ukuran lebih besar. Seperti aliran listrik tinggi yang membutuhkan pengamanan ekstra, juga skun kabel yang bisa dilewati arus listrik tegangan tinggi. Kebanyakan digunakan untuk proyek kelistrikan, di berbagai perusahaan skala besar.

Itulah informasi penting tentang ukuran dari connector cable, yang mungkin secara tak sadar banyak Anda gunakan saat ini. Setelah mengetahui ukurannya ini, Anda bisa lebih paham mana ukuran terbaik untuk kebutuhan Anda. Jika seandainya yang digunakan saat ini belum masuk kategori berkualitas, tak ada salahnya untuk segera menggantinya agar tidak terjadi hal yang membahayakan!

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.