Definesirlari

Situs Harga Harga Terkini Material, Dekorasi dan Furniture
Ganti Dengan Material Ini Untuk Ciptakan Kamar Mandi Ramah Lingkungan

Ganti Dengan Material Ini Untuk Ciptakan Kamar Mandi Ramah Lingkungan

Mungkin Anda pernah melihat bagaimana seekor paus mati karena memakan sampah plastik yang dibuang ke laut? Atau mungkin Anda juga pernah melihat bagaimana air sungai berubah menjadi warna merah dan biru karena terpapar limbah pabrik yang sangat tidak bertanggungjawab? Atau yang paling dekat, apakah Anda merasakan panas matahari yang berlebihan dan pergantian musim yang tidak menentu? Ya, itu semua tidak lain dan tidak bukan adalah kondisi di mana terjadinya kerusakan alam yang sudah masif di seluruh penjuru bumi. Dan yang lebih mengejutkannya adalah bahwa manusialah yang memegang hampir 100% penyebab kerusakan tersebut.

Banyak hal yang manusia lakukan yang dapat merusak lingkungan. Salah satunya yang tidak pernah kita duga adalah dari kamar mandi. Ya, setiap harinya manusia membuang ribuan liter air di kamar mandi, padahal krisis air sangat nyata ada di hadapan manusia mengancam kehidupan. Belum lagi bahan-bahan kimia yang masuk ke dalam air dan mengalir ke sungai-sungai seperti dari sabun yang akan semakin merusak ekosistem sungai. Oleh karenanya kita sebagai manusia yang memiliki akal harus mampu menjaga lingkungan dengan menggunakan material-material ramah lingkungan dari hal paling kecil dan privat yaitu kamar mandi seperti menggunakan pintu uPVC kamar mandi.

Material Yang Ramah Lingkungan Untuk Kamar Mandi

Banyak sekali material ramah lingkungan untuk kamar mandi yang dapat digunakan untuk menggantikan material yang tidak ramah. Di antaranya:

1. Anti VOC

Hindarilah menggunakan produk yang dasar materialnya VOC atau Volatile Organic Compounds. Material ini biasanya terkandung dalam cat. Hindarilah menggunakan cat yang memiliki kandungan kimia yang berbahaya, karena selain menyerang kesehatan juga akan mencemari udara.

2. Kaca

Gunakanlah yang cukup besar sebagai jalan untuk udara dan cahaya alami masuk ke dalam kamar mandi. Jangan sampai Anda menutup kamar mandi serapa mungkin hingga gelap yang kemudian membuat Anda harus menggunakan listrik sepanjang hari untuk lampu. Listrik yang kita gunakan hingga saat ini masih menggunakan bahan baku batu bara, sedangkan pertambangan batu bara sudah sangat tidak ramah sekali karena mencemari lingkungan juga mengeksklusi masyarakat.

3. Pintu uPVC

Mungkin saat ini Anda menggunakan pintu kayu atau pintu PVC yang tidak ramah lingkungan untuk kamar mandi, apalagi mengingat kayu semakin sedikit persediannya. Gunakanlah material yang tidak menghabiskan sumber daya alam lebih banyak, dan menggunakan pintu uPVC kamar mandi dapat menjadi salah satu solusinya.

4. Lantai

Untuk menciptakan kesan natural pada kamar mandi Anda, Anda saat ini tidak harus lagi menggunakan batu alam asli karena semakin banyak batuan alam yang diambil, keseimbangan alam juga akan semakin terganggu seperti mudahnya air sungai meluap, punahnya spesies sungai, dan lain-lain. Dewasa ini banyak sekali produk keramik yang memiliki pola seperti batuan alam yang dapat Anda gunakan.

5. Penghemat air

Pakailah produk-produk kamar mandi yang dapat menghemat air seperti shower dan flushing toilet yang meminimalisir pengeluaran air dengan teknik tertentu.

6. Tanaman asli sebagai pengharum ruangan

Produk pengharum ruangan yang sering Anda gunakan tentu tidak jauh dari zat-zat kimia berbahaya yang dapat mencemari lingkungan. Untuk menjaga kamar mandi agar tetap harum, pakailah tanaman asli yang justru akan membuat udara sekitar semakin sehat.

Itulah material-material ramah lingkungan kamar mandi yang dapat Anda gunakan untuk mengganti material tidak ramah lingkungan yang Anda gunakan saat ini. Material-material tersebut seperti pintu uPVC kamar mandi sangat mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang variatif.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.