Definesirlari

Situs Harga Harga Terkini Material, Dekorasi dan Furniture
Macam-macam Alat Ukur yang Sering Digunakan

Macam-macam Alat Ukur yang Sering Digunakan

Di dalam kehidupan sehari-hari, kita pastilah tidak terhindar dari pekerjaan ukur mengukur baik itu karena tuntutan pekerjaan, seperti mengukur struktur bangunan maupun mengerjakan hal-hal sederhana seperti mengukur suhu panggangan saat memasak.

Pengertian pengukuran sendiri adalah aktivitas yang bertujuan untuk memberikan suatu nilai, baik yang besarannya berupa panjang, berat, volume, dan lain sebagainya. Alat ukur yang digunakan dalam proses pengukuran pun sangat beragam macamnya.

Masing-masing alat tersebut memiliki fungsi dan karakteristik yang berbeda satu sama lain. Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui kira-kira ada berapa macam alat yang bisa digunakan untuk mengukur dan apa saja fungsinya, yuk mari kita baca bersama-sama artikel di bawah ini!

6 Jenis Alat Ukur dan Fungsi Lengkapnya

Berikut merupakan 6 macam jenis alat penguku yang digunakan kebanyakan orang dalam kehidupan sehari-hari.

1. Penggaris

Pasti banyak yang telah mengetahui alat yang pertama ini, apalagi jika bukan penggaris atau yang disebut juga dengan nama mistar. Alat berupa batang pipih ini berfungsi untuk mengukur panjang suatu objek. Tingkat ketelitiannya adalah sebesar 0.5 mm.

Sehinga alat ini tidak dianjurkan digunakan untuk mengukur benda yang ukurannya sangat kecil karena hasil pengukuran akan kurang akurat. Berdasarkan bentuknya mistar dibedakan menjadi mistar lurus, segitiga, setengah lingkaran, dan lain sebagainya.

Sedangkan berdasarkan bahan, kamu bisa menemui mistar plastik, mistar kayu, mistar logam, dan masih banyak lagi.

2. Meteran

Hampir sama dengan mistar, meteran juga merupakan sebuah alat untuk mengukur panjang yang memiliki ketelitian hingga 0.5 mm. Perbedaannya, meteran memiliki bentuk fisik lebih panjang dan  bisa digulung.

Selain itu, alat ini juga lebih sering dimanfaatkan untuk mengukur pekerjaan sipil atau bangunan. Panjang alat ini bisa bermacam-macam. Ada yang 3m, 5m, 10 m, 20 m, 30 m, 50 m, hingga 100 m. Satuan yang bisa kamu gunakan mulai dari satuan cm, inch, hingga feet.

3. Mikrometer Sekrup

Kamu ingin mengukur ketebalan atau diameter suatu objek? Nah, alat pengukuran yang cocok kamu gunakan tak lain yaitu mikrometer sekrup. Dengan alat ini, pengukuranmu terhadap benda kecil seperti kabel ataupun benda lain akan lebih akurat.

Hal tersebut dikarenakan alat ini memiliki ketilitian sebesar 0,01 mm. Angka ketelitian ini membuat mikrometer sekrup dianggap sebagai alat pengukuran yang akurat dan presisi.

4. Jangka Sorong

Jangka Sorong merupakan sebuah alat yang berfungsi baik untuk mengukur panjang ataupun diameter suatu benda. Ketelitian alat ini yaitu 0.1 mm. Jangka sorong terdiri dari 2 bagian, yakni bagian sorong dan rahang tetap. Skala yang terdapat pada bagian rahang tetap dikenal sebagai skala utama. Sedangkan skala pada bagian sorong dikenal sebagai vernier atau skala nonius.

5. Termometer

Alat ukur yang satu ini tentu sudah tidak asing didengar. Termometer merupakan alat untuk mengukur suhu yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dilihat dari fungsinya, alat ini bisa dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu termometer badan, termometer ruangan, dan lain sebagainya.

6. Timbangan

Timbangan merupakan alat pengukur massa yang teknologinya mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Mulai dari timbangan tradisional yang dilengkapi pemberat. Lalu muncul lagi jenis timbangan digital yang lebih akurat dan penggunaannya dikenal lebih praktis.

Itulah 6 alat ukur yang penggunaanya lekat dengan kehidupan sehari-sehari. Semoga informasi diatas bisa menambah pengetahuan dan inspirasimu. Selamat mengukur dengan akurat ya!

 

Dapatkan harga alat ukur terbaik hanya di temtera.com!

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.