Definesirlari

Situs Harga Harga Terkini Material, Dekorasi dan Furniture
Yuk Cegah Penyakit dari Debu Karpet dengan Perawatan yang Paling Efektif disini!

Yuk Cegah Penyakit dari Debu Karpet dengan Perawatan yang Paling Efektif disini!

Dalam rumah atau ruangan tertentu, karpet masih menjadi benda wajib yang berperan penting di dalamnya, baik untuk dekorasi ataupun kenyamanan. Namun pada beberapa kondisi, ada sebagian orang yang terkena flu  atau penyakit lainnya akibat debu yang berasal dari karpet, khususnya anak kecil. Oleh sebab itu, perawatan karpet tile atau jenis lainnya harus dilakukan dengan maksimal agar penggunaannya justru tidak memicu masalah kesehatan.

Cara Merawat Karpet Agar Terhindar Dari Debu yang Menyebabkan Penyakit

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari debu dari karpet lantai, dimana keefektifannya tergantung dari rajinnya pemilik rumah. Cara apapun tidak akan berhasil jika dirawat sesekali dan tidak dilakukan dengan rutin, berikut tips yang bisa anda terapkan agar karpet tidak menyimpan debu penuh bakteri

1. Pasang Keset Untuk Meminimalisir Debu yang Masuk

Debu yang ada dalam karpet sebagian besar disebabkan oleh kotoran dari luar yang tidak sengaja di bawa oleh orang yang masuk ke ruangan melalui kaki atau sepatu mereka. Walaupun ada faktor lain yang menyebabkan debu bersarang dengan mudah, seperti tiupan angin dari luar ataupun polusi yang masuk.

Untuk menyaring  debu dari luar, khususnya yang dibawa orang, maka manfaatkan keset pada bagian terdepan karpet atau pintu masuk. Dengan demikian, debu akan rontok di keset dan bagiannya yang lembut bisa dengan mudah menyerap, sehingga tidak sampai menodai karpet.

2. Bersihkan Dengan Vacum Cleaner Secara Rutin

Salah satu cara yang paling efektif untuk membersihkan debu adalah dengan menyedotnya menggunakan vacuum cleaner. Oleh sebab itu, pemilik karpet wajib memilikinya sebagai alat pembersih yang paling efektif. Jika menggunakan alat lain, debu masih tersisa dan tidak bisa dibersihkan dengan maksimal akibat bobotnya yang sangat ringan. Pembersihan karpet menggunakan alat ini tidak perlu menunggu sampai permukaannya benar-benar terlihat kotor, namun lakukan secara rutin beberapa kali dalam sepekan.

3. Lakukan Penjemuran Untuk Membunuh Bakteri

Selain dibersihkan dengan vacuum cleaner, anda juga wajib melakukan penjemuran secara rutin untuk menghangatkan suhu karpet. Dengan demikian, bakteri yang  terkandung dalam debu bisa mati dan tidak menyebarkan penyakit. Sinar matahari sendiri juga memiliki kandungan alami yang memiliki banyak manfaat untuk mengurangi suhu yang lembab, sehingga karpet tidak hanya terhindar dari bakteri, namun juga membunuh jamur. Oleh sebab itu, lakukan pembersihan

4. Letakkan Karpet Pada Area yang Cukup Udara dan Cahaya

Sebelum memutuskan untuk memasang karpet, anda bisa memperhatikan terlebih dahulu kondisi ruangan. Pastikan ada jendela dan ventilasi udara yang bisa memberikan ruang untuk masuknya angin dari luar. Jika anda terlanjur meletakkan karpet di ruangan yang tertutup, maka siasati dengan menggunakan kipas angin pada ruangan tersebut. Selain itu, minimalisir penggunaan AC karena walaupun debu tidak mudah berterbangan, namun akan membuatnya semakin mengendap di dalam.

5. Segera Cuci Jika Ada Bagian Karpet yang Terkena Noda Cair

Karpet yang Terkena Noda Cair

Banyak orang yang membersihkan noda cair pada karpet karena dianggap merusak tampilannya dan terlihat tidak menjaga kebersihan. Padahal selain, itu, noda cair juga bisa memicu timbulnya debu yang berpenyakit dan merusak pernafasan. Hal ini disebabkan karena tingkat kelembaban noda cair di karpet akan memicu debu untuk menempel dan mengendap di dalamnya. Akibatnya bakteri dalam debu akan berkembang biak pada karpet dan menyebabkan bau yang tidak sedap. Oleh sebab itu, segera cuci karpet anda jika terkena noda cair dan jemur hingga benar-benar kering.

Demikianlah beberapa perawatan yang bisa anda terapkan untuk mengantisipasi debu pada karpet penyebab timbulnya bakteri penyakit. Untuk mempermudah proses perawatan gunakan pembantu melakukannya. Selain itu anda juga bisa memilih jenis karpet yang sangat mudah dirawat dengan bentuknya yang praktis, seperti karpet tile.

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.